Waspada Tindak Pidana Kredit!

March 2018 ยท 4 minute read

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) industri perbankan meningkat pada Januari 2017. Rasio NPL terhadap kredit sektor manufaktur meningkat dari 5,4 persen pada akhir Desember 2008 menjadi 6 persen pada akhir Februari 2009, sedangkan rasio NPL sektor konstruksi meningkat dari 3,1 persen menjadi 5,32 persen. Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Nelson Tampubolon mengatakan, secara umum rasio NPL yang meningkat awal tahun merupakan gejala umum yang terjadi pada periode tersebut.
Bank Genjot Kucuran Kredit Mikro
Dengan demikian, secara keseluruhan survei mengindikasikan bahwa bankir Indonesia mengharapkan perbankan Syariah akan melampaui pertumbuhan industri secara keseluruhan pada tahun 2025, namun hanya dengan pertumbuhan tipis dari tahun ke tahun - jauh di bawah roadmap 5 tahun OJK untuk mencapai 15% pangsa pasar pada tahun 2023. Kemudian, berdasarkan SEBI ini BI masih bisa melakukan penyesuaian terhadap batas maksimum suku bunga kredit dengan pertimbangan indikator perekonomian seperti suku bunga acuan BI dan suku bunga dasar kredit (SBDK).
Kenaikan harga ini dipicu oleh pulihnya harga minyak mentah, meningkatnya permintaan batubara domestik di Indonesia seiring dengan kembalinya pembangkit listrik tenaga batu bara baru, namun yang lebih penting lagi yaitu kebijakan penambangan batubara China. Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk Ahmad Baiquni memperkirakan kualitas kredit masih menjadi tantangan pada semester kedua tahun ini.
Sementara volume kredit yang berada dalam status NPL mencapai Rp113,07 triliun atau 2,82 persen dari total kredit di kuartal I 2016. Dalam pelaksanaannya sekalipun prinsip penilaian 7C telah dilakukan semaksimal mungkin usaha di atas belum bisa menjamin keberhasilan pelaksanaan kredit karena adanya faktor eksternal seperti perubahan situasi ekonomi atau faktor internal yang menimpa pada usaha debitur.
Saya mengajukan pinjaman untuk jumlah pinjaman ($ 520,000.00USD) dengan tingkat bunga rendah 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan atas pengalihan kredit, karena tidak memerlukan jaminan untuk pinjaman Transfer, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam pinjaman disimpan ke rekening bank saya.
PT RIFANFINANCINDO BERJANGKA
“IHSG (indeks harga saham gabungan) masih meningkat dan aliran dana masuk masih baik. Jika meningkatnya daya beli masyarakat terhadap produk KPR ini terjadi, maka akan sangat memengaruhi perekonomian di Indonesia. Dalam hubungan ini saya kerapkali menekankan bahwa constituent bank sentral adalah industri perbankan dan para bankir. Optimisme ini sejalan dengan rampungnya proses konsolidasi yang dilakukan perbankan maupun korporasi pada paruh kedua 2017.
Padahal, bunga deposito perbankan sudah turun 100 bps seiring penurunan suku bunga acuan BI sepanjang tahun ini. Adapun pertumbuhan kredit bank per bulan tersebut sebesar 7,95%. “Sebenarnya, restrukturisasi kredit perbankan sudah dilaku­kan sejak awal tahun, apalagi sejak OJK melakukan relaksasi restrukturisasi kredit tersebut, harusnya perbankan sudah siap. Pemberian kredit yang dilakukan oleh bank seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh nasabah penerima kredit.
Menurut Budi, biasanya terdapat jeda antara kenaikan suku bunga dana dengan naiknya bunga kredit. Dengan rasio NPL (kredit macet) sudah mencapai 11,71 persen. Bahana akan bertindak selaku BPPN kredit macet bank-bank BUMN, adapun kredit macet bank-bank swasta akan ditangani oleh Bank CIMB Niaga dan Bank J Trust Indonesia (ex Bank Century). Perbankan khususnya BPR, kata Peter, harus selektif dalam memberikan pinjaman ke sektor pertanian sehingga tidak akan mengganggu kualitas kredit secara keseluruhan.
Naik turunnya kredit bermasalah di sektor ini banyak dipengaruhi oleh faktor musiman. Jurnal ini meneliti perubahan dana pihak ketiga dan membandingkannya dengan pinjaman dari jumlah simpanan dan tingkat terjadinya kredit bermasalah pada Bank BUMN selama tahun 2008-2012 dengan menggunakan Loan to Deposit Ratio (LDR) serta Non Performing Loan (NPL). Kebijakan ini di satu pihak mengendorkan sektor moneter, di lain pihak memperketat ketentuan pemberian kredit untuk kelompok (BMPK).
Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI Filianingsih Hendarta sebelumnya mengatakan, turunnya suku bunga acuan BI akan menurunkan biaya dana (cost of fund) perbankan dan juga suku bunga operasi moneter dan suku bunga deposito. Pertama, kebijakan restrukturisasi yang semula 1 pilar kembali ke 3 pilar, itu artinya risiko kredit bermasalah meningkat. Tidak adanya kemampuan teknis dalam menganalisis permohonan kredit dari aspek keuangan meupun aspek lainnya akan berakibat kegagalan dalam operasi perkreditan suatu bank.