Uji Kir Taksi Online Gratis

March 2018 ยท 2 minute read

“Kalau sudah dipermudah masih ada masalah, berarti ada sesuatu,” ujarnya. Terkait penyiapan dashboard angkutan online Budi mengaku masih berkoordinasi intens dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). “Dashboard itu sejatinya ada koordinasi yang lebih intens dengan Kemenhub supaya kami tau jumlahnya berapa, apa yang dilakukan, di mana saja. Dirjen Perhubungan Darat sudah membicarakannya dengan Dirjen di Kementerian Kominfo,” katanya.
Jokowi Pilih Perry Pimpin BI
Kementerian Kominfo sebelumnya telah menyerahkan dashboard angkutan online akan tetapi ada beberapa hal dalam dashboard yang masih perlu dioptimalkan. Pada kesempatan yang sama Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyampaikan beberapa hal yang masih perlu dioptimalkan dalam dashboard angkutan online. “Yang kami harapkan dalam dashboard ada nama, identitas kendaraan, dan juga akunnya. Karena ada beberapa akun yang tidak sesuai dengan namanya. Kemudian kami minta real time jadi satu hari pergerakannya berapa yang keluar berapa itu harus ada,” ujar Budi Setiyadi.
Jokowi Ajak Bos IMF Blusukan ke Lokasi Ini
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggandeng Polri menyelenggarakan pembuatan SIM A Umum bersubsidi untuk pengemudi taksi online dan reguler. Setelah program SIM selesai, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berjanji akan menggratiskan uji KIR untuk taksi online. “Kami ingin para pengemudi mendapatkan SIM A Umum dengan harga yang terjangkau,” kata Budi di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Ahad (252). Sebelumnya, lanjut Budi, biaya pembuatan SIM A Umum bisa lebih Rp1 juta. Namun setelah bekerja sama dengan banyak pihak, akhirnya biaya yang dikenakan hanya Rp100 ribu. Ditegaskan, pembuatan SIM A Umum bersubsidi untuk para pengemudi taksi online dan reguler itu tidak mengurangi persyaratan keselamatan. Selain itu pendapatan negara bukan pajak (PNBP) juga tidak dipotong karena bekerja sama juga dengan Corporate Social Responsibility (CSR) dari swasta.
RIFAN FINANCINDO BERJANGKA - Potensi Besar, Rifan Financindo dan BBJ Gelar Edukasi Pasar
“Dari Kemehub menyubsidi sebagian kecil, kemudian banyak dibantu juga oleh program CSR dari beberapa perusahaan swasta,” tutur Budi. Menhub menambahkan, jika pembuatan SIM secara kolektif akan dilakukan di Pekanbaru, Surabaya, Jogjakarta, Semarang, Medan, dan Makassar. Biaya pengurusan pembuatan SIM yang disubsidi oleh Kemenhub hanya dalam waktu pengurusan yang terbatas. Untuk itu Budi mengharapkan masyarakat memanfaatkan program selama masih berlangsung. Setelah program SIM A Umum selesai, Budi akan segera membereskan masalah uji kir. Pihaknya akan menggratiskan.