Rupiah Melemah Diposisi Rp13.762

April 2018 ยท 4 minute read

Monex Rupiah pagi ini melemah ke Rp13.762. Sementara itu, Binaartha Sekuritas memprediksi rupiah masih berpeluang melemah dan akan bergerak pada kisaran support 13.766 dan resisten 13.745. “Diharapkan pelaku pasar tetap waspada di tengah sentimen eksternal yang mudah berubah yang dapat membuat laju rupiah tertahan kenaikannya,” katanya. Pada transaksi Rabu, harga saham Bank Mandiri berada di level Rp 5.300 atau menguat Rp 100 (1,92 persen), Adaro naik Rp 50 (2,43 persen) menjadi Rp 2.100, dan Indocement terangkat Rp 350 (2,28 persen) ke posisi Rp 15.700.
USD telah tenggelam tajam terhadap yen ketika BOJ memangkas jumlah obligasi pemerintah Jepang yang dibelinya pada operasi pembelian utang pada awal Januari, yang oleh beberapa pelaku pasar dianggap sebagai sinyal bahwa bank sentral tengah bersiap keluar dari langkahnya yang mudah terkait kebijakan moneter. Diharapkan pelemahan dapat lebih terbatas untuk menjaga laju rupiah agar tidak melemah lebih dalam.
Sementara saham-saham yang turun cukup dalam dan masuk dalam kategori top losers antara lain Sarana Menara (TOWR) turun Rp 900 ke Rp 22.800, HM Sampoerna (HMSP) turun Rp 500 ke Rp 52.000, Indomobil (IMAS) turun Rp 300 ke Rp 5.600, dan Telkom (TLKM) turun Rp 250 ke Rp 9.400. Rifan Financindo Berjangka - Laju Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) dibuka menguat.
Dikutip Bloomberg, sepanjang perdagangan, Rupiah terus melemah terhadap Dolar AS. Saat ini, Rupiah berada pada level Rp 13.774 per USD atau melemah 23 poin dari penutupan perdagangan sebelumnya. La Tunrung Money Changer, salah satu lokasi penukaran uang di Samarinda bahkan mencatat, meski rupiah sempat sedikit menguat, nilai transaksi penukaran mata uang asing belum mengalami penurunan, sejak naik pada dua pekan terakhir.
Kepala Riset PT NH Korindo Securities, Reza Priyambada mengatakan, IHSG akan berada di level support 4.661,7 dan resistance 4.878,3. Target kenaikan indeks pada level 5.150 kemudian 5.180 dengan support di 5.090 dan 5.060. The Economist pun berpendapat pelonggar­ an semacam yang kini dilakukan di Jepang bukan semata berimplikasi kepada perang mata uang untuk perbaikan neraca perdagangan.
Indeks Dow Jones tadi malam tutup di 20.100,91 menguat 0,16 persen. Pelemahan berlanjut meskipun mata uang Garuda dibuka menguat 21 poin atau 0,15% ke posisi Rp13.741 per dolar AS. Transaksi short sell sempat dilarang ketika pasar sedang mendapat tekanan berat akibat krisis keuangan global pada Oktober hingga Desember 2008. Rupiah sendiri diperkirakan bergerak sedikit menguat jelang lelang surat utang negara hari ini yang kemungkinan dapat mendorong masuknya investor asing ke pasar perdana SUN.
Sehingga ia memprediksi rupiah akan kembali menguat di level Rp 9.500 per dollar AS di pertengahan tahun hingga akhir tahun 2013. Sementara itu, harga pembelian kembali (buyback) logam mulia Antam tercatat turun Rp 2.000 menjadi Rp 468 ribu per gram. Bursa Wall Street ditutup menguat semalam, dengan kenaikan terjadi pada saham - saham berbasis teknologi dan keuangan, dengan sentimen utama berasal dari Italia, di mana para voters menolak referendum konstitusional.
Informasi soal kenaikan harga (BBM), tentang harga minyak dunia, tentang inflasi, tentang suku bunga dan sebagainya membangunkan ekspektasi beragam di setiap benak investor. Bagi anggota bursa efek yang memiliki nilai Modal kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) Rp 250 miliar atau lebih dapat melakukan transaksi marjin atas efek marjin dari 183 saham. JAKARTA, - Otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) mengancam menghentikan operasional sejumlah broker yang terbukti melanggar aturan transaksi short selling.
Aturan Pajak Baru Tak Pengaruhi Gaji Ekspatriat
Di sisi lain, rupiah juga mendapat sentimen positif dari adanya peningkatan permintaan terhadap obligasi dalam negeri oleh bank asing.Nilai tukar rupiah masih berpotensi untuk mengalami penguatan terhadap dolar AS pada pekan ini seiring meningkatnya cadangan devisa Indonesia.Cadangan devisa yang mulai stabil menjadi pendukung nilai tukar rupiah.Selain sentimen cadangan devisa, gerak rupiah juga ikut dipengaruhi oleh keputusan pemerintah membuka kesempatan investasi asing di sektor-sektor yang selama ini dilarang.
Hebat, Anak Usaha PGN Temukan Cadangan Gas Di Kaltim
Beberapa investor akan mentransfer uang dari pasar saham ketika Negara menaikkan suku bunga, menyebabkan mata uang negara melemah. Pasar Interbank harfiah mengikuti matahari di seluruh dunia, bergerak dari pusat-pusat perbankan besar Amerika Serikat, ke Timur Jauh, ke Eropa kemudian kembali ke Amerika Serikat. Sentimen dari akan dimulainya tapering pada Januari 2014 masih mendominasi pelemahan sejumlah mata uang termasuk rupiah.
RIFANFINANCINDO BERJANGKA - Potensi Besar, Rifan Financindo dan BBJ Gelar Edukasi Pasar
Kalau Anda trading di time frame rendah (H1 kebawah), sebaiknya melihat arah trend pada time frame yang lebih tinggi (H4 atau daily) untuk memastikan arah pergerakan harga. JAKARTA - Nilai tukar rupiah diperkirakan kembali berpotensi mengalami pelemahan seiring ketidakmampuannya memanfaatkan pelemahan dolar AS. Saham-saham yang naik signifikan dan masuk dalam jajaran top gainers diantaranya United Tractors (UNTR) naik Rp 1.400 ke Rp 22.000, Astra Agro (AALI) naik Rp 1.350 ke Rp 23.000, Indo Tambangraya Megah (ITMG) naik Rp 1.100 ke Rp 39.900.