Ramah Tamah Dan Ngopi Sore Dalam Rangka Laporan Tahunan BI Portal Berita Editor

April 2018 ยท 3 minute read

, Jakarta: Seminggu lebih Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri rangkaian pertemuan tahunan Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) di Washington DC, Amerika Serikat. Keberadaan TPID sebagai bentuk koordinasi kedua kebijakan tersebut, terbukti berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap inflasi di Sulawesi Selatan pada periode penelitian. Kebijakan moneter ketat sering diasumsikan dengan peningkatan suku bunga. Kebijakan ini sungguh merupakan terobosan besar dalam meningkatkan tatakelola dan efisiensi perekonomian, sekaligus merangkul masyarakat lapisan bawah agar terhubung dengan layanan keuangan formal.
RIFAN FINANCINDO BERJANGKA - Potensi Besar, Rifan Financindo dan BBJ Gelar Edukasi Pasar
Selanjutnya ialah World Bank atau Bank Dunia yang juga dibentuk dari konferensi Breton Woods Tujuan awal dibentuknya ialah untuk mengatur keuangan dunia pasca Perang dunia II dan membantu negara - negara korban perang untuk membangun perekonomiannya kembali namun tujuannya berubah di tahun 1960 yakni lebih pada pemberian bantuan bagi negara-negara dunia ketiga.
Kita putuskan secara musyawarah dan musyawarah dan mufakat, 10 fraksi memilih Gubernur BI Perry Warjiyo,” kata Ketua Komisi XI Melchias Markus Mekeng. JAKARTA, NNC - Pencalonan Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) diprediksikan tak semulus yang dihendaki Presiden Joko Widodo. Dengan kondisi fundamental ekonomi Indonesia yang baik dan kuat, maka nilai tukar rupiah dapat stabil.
Kebijakan tanpa memperhatikan kebijakan di sektor lain akan tidak optimal dan bahkan dapat berdampak negative terhadap perekonomian secara keseluruhan. Di depan para pelaku bisnis, pembuat keputusan, NGO, serta investor, Sri Mulyani bercerita mengenai kondisi perekonomian Indonesia serta program-program reformasi apa saja yang sudah pemerintah Indonesia lakukan.
Blok East Kalimantan Segera Dilelang
Untuk itulah dengan adanya kebijakan fiskal masalah pengangguran bisa diatasi. IMF perlu jaminan dari negara peminjam dan meminta pemerintah mencari bantuan untuk memperbaiki ketimpangan ekonomi makronya dalam bentuk reformasi kebijakan. Dengan cara ini diharapkan masyarakat membeli surat berharga tersebut seperti SBI yang memiliki tingkat bunga tinggi, dan ini merupakan upaya agar uang yang beredar di masyarakat mengalami penurunan jumlahnya.
Hasil evaluasi menunjukkan perekonomian Indonesia tahun 2013 menghadapi tantangan yang tidak ringan akibat dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi global. Agus Martowardojo memulai dengan memberikan pandangan BI tentang situasi ekonomi global. Dalam pelaksanaannya, Bank Indonesia memiliki kewenangan untuk melakukan kebijakan moneter melalui penetapan sasaran-sasaran moneter (seperti uang beredar atau suku bunga) dengan tujuan utama menjaga sasaran laju inflasi yang ditetapkan oleh Pemerintah.
Rencana PT Pertamina (Persero) Untuk Mengambil Alih Blok East Kalimantan Dan Blok Sanga
Beragamnya kebijakan tersebut dapat menimbulkan risiko tersendiri, yang memberi tantangan bagi otoritas di negara-negara Timur maupun Barat. Demikian juga diperlukan koordinasi kebijakan makroprudensial yang baik, agar dapat menjaga stabilitas ekonomi makro dengan lebih baik dan pertumbuhan ataupun pembangunan ekonomi berkelanjutan. Sri Mulyani juga mengadakan pertemuan bilateral dengan para Menkeu dari negara-negara pemain utama pelaksanaan FATF, antara lain dengan AS, Australia, Kanada, Jerman, Inggris.
Perkembangan yang begitu cepat dalam teknologi informasi, perdagangan internasional, serta mobilitas tenaga kerja, modal dan keuangan antar negara sejak tiga dasawarsa terakhir telah mengakibatkan peran ekonomi suatu negara secara individual terhadap perekonomian global menjadi semakin kurang penting atau kurang berarti. Atau dengan kata lain, kebijakan fiskal adalah kebjakan pemerintah yang berkaitan dengan penerimaan atau pengeluaran Negara.
Agus juga menekankan pentingnya sinergi dan koordinasi dengan pemerintah untuk menghindari kebijakan yang tidak tepat, tumpang tindih dan kontradiktif. Demikian juga dalam papernya, Rahutami menemukan bahwa dengan menggunakan data empiris di Indonesia, maka dapat dilihat bahwa interaksi antara kebijakan moneter dan fiskal bersifat kausalitas. Nama yang diajukan Presiden untuk menggantikan Agus Martowardojo ialah Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo.
Oleh karena itu dari pertemuan tersebut di bahas berbagai hal yang menyangkut bagaimana negara-negara harus melakukan kebijakan ekonomi untuk menjaga dirinya dari pengaruh global economic yang tidak pasti, dan bagaiaman kerjasama dan koordinasi bisa dilakukan agar ekonomi dunia menjadi sehat dan demikian ekonomi dari masing-masing negara semakin sehat dan baik,” tegasnya.