Laju Harga Emas Terjegal Aksi Profit Taking

March 2018 ยท 4 minute read

Harap kami blog ini dapat digunakan semaksimal mungkin untuk mempelajari perkembangan pasar modal Indonesia sehingga bermanfaat bagi para member untuk melakukan investasinya. Namun demikian, saya melihat ada peluang untuk meningkatkan posisi saham pada harga yang lebih baik mengingat kondisi ekonomi secara umum masih sangat baik dan kemajuan program pemerintah masih sesuai rencana. Analis Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada menambahkan, terapresiasinya laju mata uang euro seiring membaiknya data-data ekonomi di kawasan Eropa. Walikota Depok Dr. KH. M. Idris Abdul Shomad MA mayakinkan kepada warganya, bahwa orangtua yang mengerahkan segala daya dan upayanya semaksimal mungkin untuk menyekolahkan anaknya hingga dapat Ijazah, maka hal ini bisa mem-perbailki masa depan ekonomi keluarganya.
Harga seng melemah 0,7% ke level US$ 3.442 per metrik ton sedangkan harga nikel turun 0,49% ke level USD 13632 per ton. Memang ada unsur spekulasi, tetapi pada umumnya investor tetap lebih nyaman menyimpan emas daripada saham dan surat­surat berharga. Tak hanya itu, Kementerian ESDM kata dia juga memantau kurs dollar terhadap rupiah dan Mean of Platts Singapore (Mops) yakni penilaian produk untuk trading minyak di kawasan Asia.
Analisis Pengaruh Perubahan Dana Pihak Ke Tiga Terhadap Pinjaman Dari Jumlah Simpanan Dan Kredit Bermasalah
Dalam pertemuan minggu depan, kami ingin tahu persoalannya apa, apakah karena harga, distribusi atau apa, kan batubara sudah ada harusnya mereka ikut serta di pasokan pembangkit listrik,” kata Sukhyar. Banjirnya sentimen negatif di bursa membuat indeks harga saham gabungan Bursa Efek dibuka langsung melorot,” ujar Maxi Leisyaputra, analis PT BNI Securities.
RIFANFINANCINDO BERJANGKA - Potensi Besar, Rifan Financindo dan BBJ Gelar Edukasi Pasar
Ada transaksi tutup sendiri alias crossing saham PT Bank International Indonesia Tbk (BNII) cukup besar pada akhir pekan lalu. Indeks Stoxx Euro 600 berakhir melemah 0,9% karena merosotnya sektor siklis seperti batubara dan minyak mentah. Dalam beberapa minggu terkahir, US Dolar kembali bergerak menguat setelah sempat terpuruk paska mencuatnya krisis kredit perumahan AS. Penguatan US Dolar saat ini dipicu oleh kenaikan harga BBM di China sebesar 18%.
Harga surat utang negara (SUN) diprediksi terkoreksi dan mendongkrak imbal hasil 5 basis poin akibat aksi ambil untung. Fauzi Ichsan, Senior Economist Standard Chartered Bank Indonesia, mengatakan harga minyak mentah mulai turun sehingga akan membawa sentimen positif terhadap rencana penerbitan obligasi pemerintah. Misalnya, dia meragukan, sinergi PGE dengan PLN ini akan menurunkan harga panas bumikarena investasinya tetap.
Harga batubara mendapat sentimen positif dari adanya kebutuhan pasokan sebesar 10 juta ton per tahun di PLTU Manjung, Perak, Malaysia yang kesemuanya diimpor dari Indonesia. Masalahnya, jika tahun depan harga minyak dunia menyentuh taksiran umum USD55-USD60 per barel, sementara APBN mengasumsikan harga jauh lebih rendah dari itu, bukankah pemerintah sebenarnya hanya sedang menunda gejolak dengan menurunkan asumsi-asumsi makro ekonomi yang mungkin ditahan tahun depan.
Saham PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) ditutup di level Rp 340, turun Rp 10 (4,22%) dengan nilai transaksi sebesar Rp 183,117 miliar. Sehingga proses pemulihan sudah saatnya dimulai, sehingga suku bunga US Dolar (The Fed Fund Rate) sudah saatnya kembali dinaikkan guna meredam tingginya laju inflasi akibat menguatnya US Dolar belakangan ini. Pemerintah pun mencermati pergerakan harga minyak dunia lantaran memiliki dampak baik terhadap penerimaan maupun belanja subsidi energi.
Meskipun juga pernah menyentuh level terendahnya pada 3 Januari 2017, di harga Rp.13.476. Juda memperbarui proyeksi BI untuk penurunan harga komoditas global menjadi 9 persen dari proyeksi awal tahun sebesar 11 persen. Berbeda dengan saham PKPK yang tutup AR kanan, karena saham ini ada aksi corporasi yaitu akan mengadkan right isue sehingga saham ini melaju dari harga 90 menuju 310 dalam tempo lebih kurang 3 bulan.
LPS Identifikasi Tiga Penyebab Rasio Profitabilitas Bank Sulit Meningkat
Angka tersebut juga turun Rp 2.000 dibandingkan harga sebelumnya. Ini akan melemahkan dollar dan mengangkat harga emas. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan, kebijakan pembatasan suku bunga deposito pemerintah dan perusahaan pelat merah bukan untuk menekan profit margin bank. Harga GEMS dibandrol Rp 3.700 per saham. Harga batubara masih sanggup catatkan penguatan meski harga minyak terpantau mengalami koreksi.
Indeks S&P ASX 200 juga melorot 0,2% terjegal oleh pelemahan saham di sektor perbankan. Namun bila harga minyak naik dari $35 ke kisaran $40-50 sudah cukup menolong peningkatan harga komoditi seperti minyak sawit dan batu bara yang cukup dominan sebagai dagangan komoditi Indonesia. Permintaan minyak mentah di Cina akan meningkat, walau di Eropa dan Amerika Utara masih melemah.
Kendati demikian, lanjut dia, di sisi lain pelaku pasar masih mengharapkan bahwa data neraca transaksi berjalan Indonesia yang akan dipublikasikan pada Senin siang ini mencatatkan surplus. Ke depan, dunia minyak nasional menghadapi problem tak makin ringan. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) gagal mempertahankan posisi di zona hijau. “Potensi penurunan yang berkelanjutan pada harga minyak kembali membuat investor di pasar keuangan khawatir terhadap laju ekonomi global,” katanya.