Harga ‎Bawang Putih Berangsur Turun

April 2018 · 4 minute read

Jakarta, - Petugas Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga (Ditjen PTKN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI menyelidiki delapan kontainer bawang putih impor yang diduga ilegal atau menyalahi aturan administrasi. Bawang putih yang paling naik tinggi, dari Rp. 20.000 per kilo sekarang jadi Rp. 60.000 per kilo,” kata Narti. Ada 11 barang kebutuhan pokok yang diatur, yaitu beras, kedelai bahan baku tahu dan tempe, cabe, bawang merah, gula, minyak goreng, tepung terigu, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, dan ikan segar. Pemerintah tak main-main dengan para importir bahan pangan yang melanggar aturan.
Jejen menuturkan, untuk harga bawang putih biasa harganya mencapai Rp 30.000, sementara untuk bawang putih kating harganya mencapai Rp 40.000 per kilogram. Untuk itu, per 20 Mei 2013, harga refill Blue Gaz menjadi Rp 85.000 untuk tabung T911 (5,5 kg) yang asalnya seharga Rp 90 ribu dan Rp 42.500 untuk tabung T907 (2,65 kg) yang asalnya dibanderol Rp 45.000.
Veri menilai pengiriman bawang putih melalui bibit sebagai modus oknum importir agar meraup keuntungan. “Barangnya memang tidak ada, makanya di pasar lainnya harga bawang juga tinggi. Praktek mafia pangan terbentuk, antara lain karena pemberian hak istimewa hanya ke beberapa importir saja oleh Pemerintah sendiri sehingga muncullah monopoli. Harusnya kan dalam hal ini Pertanian bisa memantau bahwa izin yang dia berikan untuk impor bibit itu sudah sampai belum ke produsen atau petani yang akan membudidayakan bawang putih itu,” ujarnya.
Nilai impor bawang putih pada 2016 naik Rp5,8 triliun dibanding 2015. “Kita harapkan pemerintah bisa mengatasi ketersediaan bawang putih di Babel agar harga bisa stabil lagi seperti semula,” katanya. - Harga bawang merah dan bawang putih di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) semakin meroket. Bayangkan, menurut perkiraan pemerintah sendiri, di sektor bahan pangan saja, importir bisa meraup keuntungan antara Rp 13,5 triliun-Rp 15 triliun per tahun.
Gubernur BI Harus Bisa Hadapi Tantangan Ekonomi Masa Depan
Veronika, pembeli lain juga mengeluhkan harga bawang merah dan putih. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengancam akan mencabut izin perusahaan pengimpor 8 kontainer bawang putih yang diduga menyalahi aturan. Padahal, Amran yakin Indonesia bisa menjadi negara produksi bawang putih terbesar jika setiap warga mau menanam. Padahal pemerintah sudah menetapkan HET bawang putih yakni Rp38 ribu per kilo.
Menurut Veri, Kemendag telah menemukan sebanyak 8 kontainer impor bibit bawang putih yang masuk melalui pelabuhan Tanjung Priok pada 26 Februari 2018. , Pekanbaru: Harga komoditi bawang putih di Kota Pekanbaru masih mahal. Pedagang mengakui, stok bawang putih di Pekanbaru saat ini masih cukup tersedia sehingga berpengaruh pada harga. Djoko memperkirakan, kenaikan harga bawang merah terjadi karena belum meratanya panen di sebagian sentra produksi.
PT RIFANFINANCINDO - Potensi Besar, Rifan Financindo dan BBJ Gelar Edukasi Pasar
Leukemia adalah jenis penyakit yang menyerang sel-sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang (bone marrow). Pemerintah memerkirakan total impor bawang putih per tahun kurang lebih sebanyak 480-500 ribu ton. Berapa pun usia seorang wanita, bisa terkena keputihan. SURABAYA - Pedagang bawang putih di pasar Keputeran, Surabaya masih menunggu harga stabil.
Ekonomi Dan Bisnis
Ada hal sederhana yang dapat menyembuhkan asma anda, yaitu : minum air putih. Berdasarkan data Ditjen Hortikultura Departemen Pertanian, saat ini tingkat produkitivitas bawang merah di Brebes semakin menurun yang pada 2005 masih mampu menghasilkan 10 ton per hektare dengan biaya per hektar Rp35juta. Hamzah, pedagang sembako di pasar Youtefa mengatakan kenaikan harga itu tergantung pasokan bawang.
Selain mendapatkan izin impor bibit dari Kementan sebesar 300 ton, PT TRS juga mendapatkan izin impor bawang konsumsi sebanyak lima ribu ton. Selain mendapatkan izin impor bibit dari Kementan sebesar 300 ton, PT TRS juga mendapatkan izin impor bawang putih konsumsi sebanyak lima ribu ton. Dari hasil penelusuran, lanjut Veri, importir tersebut tmemiliki izin impor bibit bawang putih dari Kementerian Pertanian sebanyak 300 ton Jumlah ini jauh lebih besar dari kebutuhan bibit yang diperlukan untuk menanam lahan sesuai kewajiban importir tersebut.
, Jakarta - Pemerintah akan mencabut ijin Importir Terdaftar (IT) perusahaan yang tidak segera menyelesaikan proses perijinan atas kepemilikan kontainer bawang putih yang tertahan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Ancaman ini menyusul temuan 250 karung bawang putih impor di Pasar Induk Kramatjati dari jumlah pengiriman delapan kontainer atau 13 ribu karung yang diduga ilegal atau menyalahi aturan administrasi.