Google dan Samsung Suntik Dana Segar untuk Go-Jek

February 2018 ยท 2 minute read

Jika terwujud maka ini adalah kali pertama Google menanam, duitnya di perusahaan transportasi online Asia. Investasi baru ini juga menunjukkan besarnya potensi bisnis transportasi online di Asia Tenggara, khususnya Indonesia.
“Sebagai investor strategis, Google bisa menambahkan banyak hal pada bisnis Go-Jek, ” kata seorang sumber yang diwawancarai Reuters, “Tantangan Go-Jek bukan hanya soal menumbuhkan bisnis, tetapi bagaimana cara memiliki pendanaan untuk mendukung semua layanannya. “
Di Tanah Air, Go-Jek kini bertarung dengan dua pemain global: Grab asal Singapura dan Uber. Keduanya didukung oleh perusahaan investasi raksasa Jepang, SoftBank Group, sementara Google baru saja mendapatkan suntikan dana dari dua raksasa Cina, Tencent Holdings serta JD. Com Inc.
Pendanaan-pendanaan baru ini sangat dibutuhkan bisnis seperti Go-Jek untuk menarik pengguna baru dan pengemudi. Salah satu cara yang paling efektif untuk melakukan hal ini adalah dengan memberikan diskon, promosi, dan insentif baik bagi pengemudi maupun penumpang. Sayang, cara ini juga disebut sangat cepat menguras dompet perusahaan.
PT RIFAN FINANCINDO
Menurut analis keuangan Breakingviews, berkat pendanaan baru itu Go-Jek kini memiliki valuasi sekitar 4 miliar dolar AS, sementara Grab sudah bernilai sekitar 6 miliar dolar AS.
Garuda Indonesia Operasikan Jarak Baru
Adapun Google, KKR Meituan-Dianping, Temasek, dan Warburg menolak menanggapi laporan ini. Samsung Electronics juga belum mau berkomentar. Go-Jek pun belum memberikan klarifikasi.
Go-Jek, perusahaan rintisan bidang transportasi online Indonesia, dikabarkan akan menerima kucuran dana baru baru dari sejumlah investor besar global, termasuk Alphabet, induk usaha Google. Nilai investasi baru itu disebut berjumlah 1, 2 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp16 triliun.
Penyusunan Klaster Industri Baja dalam Tiga Wilayah Dikebut
Kecuali Google, demikian diwartakan Reuters, Kamis (18/1/2017), Go-Jek juga disebut menerima suntikan pendanaan dari perusahaan Singapura, Temasek; Meituan-Dianping dari Cina; dan Samsung Venture Investment Corp.
Pemerintah Buka Keran Impor Beras
Selain itu, beberapa penyandang dana lama Go-Jek seperti KKR & Co LP dan Warburg Pincus LLC pula kembali mengucurkan investasi dalam pendanaan terbaru itu. Putaran pendanaan baru itu kabarnya dibuka pada tahun dan kemudian dan akan rampung dalam beberapa pekan ke depan.
Belum diketahui pasti berapa jumlah investasi yang disetor oleh masing-masing perusahaan. Tetapi sumber Reuters mengklaim kalau Google, menyerahkan 100 juta dolar AS atau sekitar Rp1, 3 triliun dalam pendanaan itu.