Bursa Asia Cenderung Mixed, IHSG Melemah Di Akhir Sesi I

May 2018 ยท 4 minute read

PT. Pacific Sekuritas Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan PT Pacific Strategic Financial, Tbk., yang telah secara resmi mencatatkan sahamnya (Initial Public Offering) di Bursa Efek Indonesia pada bulan Desember 2002 dengan kode APIC. Di sisi lain, bursa saham China dan indeks Hang Seng di Hong Kong berhasil menguat menjelang libur Tahun Baru China. Bursa saham Seoul turun 0,98% (18,34 poin) ke level 1.849,12. Pagi ini, harga emas Comex kontrak Juni 2018 dibuka di zona hijau dengan penguatan 0,16% atau 2,10 poin ke level US$1.326,10 per troy ounce. Bakrie 7 mengendalikan 47,71% nilai transaksi Bursa Efek Indonesia (BEI).
Pada bursa saham di daratan China, juga terlihat berakhir lebih rendah saat komposit Shanghai kehilangan 0,5% atau 16,5 poin dan berakhir menjadi 3.270,12. Yan Liu, seorang trader di Guosen Securities Co mengatakan, aktivitas perdagangan yang tinggi menjadi penyokong pergerakan bursa China. , Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat ikuti bursa saham global.
Sementara nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibuka melemah di posisi Rp 9.680 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu di Rp 9.670 per dolar AS. Penguatan IHSG mengikuti laju bursa saham global. Kedua, penguatan mata uang Yen terhadap dolar AS dan Euro memicu pelaku pasar di bursa Jepang menarik dana dari pasar saham.
Sofyan Basyir Langgar Etika Kepatutan
Iwan menjelaskan tantangan di kawasan Asia terkait pasar obligasi adalah terkait biaya imbal hasil yang tinggi dan penurunan harga aset yang dapat menganggu kinerja neraca korporasi, serta pertumbuhan ekonomi yang melambat. Sementara di bursa Indonesia tercatat adanya nilai transaksi sebesar Rp2,85 miliar dengan saham yang diperdagangkan sebanyak 7,35 juta saham.
RIFAN FINANCINDO BERJANGKA - Potensi Besar, Rifan Financindo dan BBJ Gelar Edukasi Pasar
Presiden ADB Presiden Asia Development Bank Takehiko Nakao menyatakan ADB bersedia memberi dana bantuan krisis jika Pemerintah Indonesia membutuhkan. Perdagangan saham di bursa Wall Street pagi tadi berakhir melemah, mengakhiri reli harga saham perusahaan finansial, diwarnai kejatuhan harga saham-saham energi seiring penurunan harga minyak dunia. Indeks Nikkei 225 di Jepang hari ini dibuka melemah -0,79% ke level 15.495,91.
Hutang Jokowi Ke China Rp 13 T Untuk Kereta Cepat Cair 15 Mei
Indonesia is seen by other countries as an opportunity because of its population,” said Aris Ananta, who has published books on Indonesian demographics and is currently a senior research fellow at the Institute of Southeast Asian Studies in Singapore. Indeks Kospi, Korea Selatan dibuka melemah 0,19%, dan berlanjut turun 0,33% ke level 1.998,88. Di Jepang, Indeks Nikkei 225 dibuka turun 0,18%, yang dimungkinkan karena kekuatan yen.
Mengawali perdagangan pagi tadi, IHSG dibuka menguat tipis 9,577 poin (0,24%) ke level 3.905,696. Harga emas di bursa berjangka COMEX New York Mercantile Exchange akhir pekan lalu ditutup menguat setelah bergerak zig-zag terpengaruh oleh penguatan dolar AS dan rilis data pekerjaan AS yang lebih lemah dari perkiraan. Indeks Kospi, Korea Selatan dibuka melaju 0,67% dengan mancatatkan kenaikan di sektor teknologi, perdagangan, manufaktur dan industri terkait minyak, berlanjut naik 0,70% (17,31 poin) ke level 2.502,28.
Bursa Wall Street sempat terpuruk setelah Goldman Sachs mengumumkan laporan keuangan yang tidak sesuai ekspektasi. Di sisi lain seperti dilansir CNBC, bursa saham Asia turun tipis setelah Wall Street kemarin ditutup melemah setelah sebuah kesaksian kongres dari ketua Federal Reserve. Sedangkan bursa Asia saat IHSG ditutup akhir pekan lalu bergerak variatif. Jika indeks jatuh, saham-saham perbankan seperti PT Bank Mandiri (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI) dan PT Bank Central Asia (BBCA) serta PT Astra Internasional (ASII) yang bakal naik terlebih dahulu.
Kepala Komunikasi Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia, Dwi Shara Soekarno mengungkapkan sepekan lalu, rerata nilai transaksi hari an naik 14,28% menjadi Rp9,83 triliun dari Rp8,6 triliun pada akhir pekan lalu. Bursa Wall Street kembali rontok setelah pengadilan menghalangi keputusan pemerintah AS memutuskan untuk melarang pengeboran laut dalam di Teluk Meksiko selama 6 bulan.
Padahal, sentimen positif bursa global masih berlanjut pada perdagangan hari ini. Kendati pagi ini pergerakannya tidak seambles pekan kemarin.Merahnya IHSG ini mengikuti pergerakan bursa Asia yang seluruhnya terpantau anjlok. Sejumlah bursa Asia kemarin mengalami penurunan karena sejumlah faktor di antaranya kekalahan yang dihadapi oleh partai berkuasa di Jepang, Democratic Party of Japan, pimpinan Perdana Menteri Naoto Kan.