Komoditi Perdagangan Di Kesultanan Malaka

January 2018 · 4 minute read

Masih banyak masyarakat umum dan nasabah yang belum mengerti benar tentang perdagangan kontrak derivatif melalui Sistem Perdagangan Alternatif (SPA) dan menganggap eksistensi SPA tidak membawa manfaat terhadap ekonomi. Perdagangan atau transaksi yang telah dilakukan namun tidak segera diikuti dengan penyerahan barangnya. Penyerahan barang biasa dilakukan beberapa bulan kemudian, sesuai dengan perjanjian yang tertera dalam kontrak. Dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah ini, maka Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka Komoditi dicabut dan dinyatakan tidak berlaku serta Para Pihak wajib menyesuaikan dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah ini paling lambat 1 (satu) tahun sejak Peraturan Pemerintah ini berlaku.
Bagaimana Perdagangan Komoditas? Komoditas atau komoditas merupakan produk dasar yang digunakan dalam perdagangan yang dapat berubah dengan komoditas lain dengan jenis yang sama; Komoditas biasanya digunakan sebagai input dalam pembuatan barang atau jasa lainnya. Pasar perdagangan berjangka komoditi menggolongkan jenis komoditi ke dalam dua golongan, yaitu soft-commodity, komoditas yang berupa produk agrikultur seperti gandum, jagung, kopi, CPO (crude palm oil), coklat, gula dan hard commodity, komoditas yang berupa produk pertambangan seperti besi, nikel, emas, perak, platinum.
Salah satu strategi menghadapi tantangan kurangnya likuiditas bursa saat ini, Bappebti sebagai salah satu stakeholders PBK terus melakukan sosialisasi berbasis edukasi kepada kalangan civitas akademika. Tujuannya yakni meningkatkan wawasan mahasiswa mengenai dunia perdagangan berjangka komoditi. Bappebti terus mendorong perkembangan industri perdagangan berjangka,” ujar Marthin. Untuk itu, Bappebti terus meningkatkan kerja sama antarpelaku usaha komoditi dan perguruan tinggi.
Ketiga tahapan jaringan perdagangan tersebut adalah collecting centres, feeders points dan entreport. Collecting centres yaitu daerah atau situs yang biasanya terletak di pantai maupun di sepanjang daerah aliran sungai di pedalaman. Sebagai pusat pengumpul, maka peranannya adalah sebagai penyedia komoditi khusus lokal (outlets for special produce). Situs ini biasanya terletak di daerah jalur utama perdagangan maupun tidak. Meskipun demikian, daerah ini umumnya terletak pada wilayah yang kaya sumber alam. Di lokasi inilah pada umumnya para pedagang menjemput produk-produk lokal yang dapat dijual ke tingkat perdagangan internasional (barat-timur) (Leong Sau Heng, 1990:23).
Damar merupakan komoditi dagang pada masa Sriwijaya yang dihasilkan dari daerah pedalaman dan merupakan daerah bawahan Sriwijaya. Damar tersebut dikumpulkan oleh masyarakat di tepi-tepi sungai untuk kemudian dijual kepada para pedagang. Produsen damar adalah Tingkip, Lesungbatu, dan Binginjungut. Ketiga situs tersebut merupakan pusat perdagangan kedua, pusat pengumpul (collecting centres). Dari lokasi inilah damar dibawa melalui Sungai Rawas dan Musi ke pusat Sriwijaya yang ada di Palembang untuk kemudian dipasarkan ke mancanegara.
Pasar Komoditi bersama Pasar Keuangan (Pasar Uang dan Pasar Modal) tergolong sektor ekonomi yang sangat berpengaruh terhadap stabilitas dan kemajuan perekonomian suatu negara. Dengan ditetapkannya Indonesia sebagai negara layak investasi (investment grade) sejak Desember 2011 maka diperkirakan tidak lama lagi negara kita akan dibanjiri arus modal asing dalam skala besar yang ingin berinvestasi dalam berbagai sektor termasuk di Pasar Komoditi dan Pasar Keuangan.
Di dalam melakukan penegakan hukum terhadap segala bentuk tindak pidana, pada dasarnya Polri senantiasa akan tetap konsisten terhadap apa yang telah menjadi tugas dan kewenanaganya sebagaimana telah diamanatkan didalam ketentuan perundang-undangan. Demikian halnya dalam melakukan penegakkan hukum terhadap tindak pidana di bidang perdagangan berjangka komoditi.
Sementara itu Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Deddy Saleh mengatakan selama 10 tahun BBJ telah mengalami jatuh bangun dan berupaya terus melakukan perbaikan. Selain itu, Deddy juga mengatakan saat ini Indonesia melalui bursa berjangka belum menjadi referensi harga komoditi dunia padahal Indonesia menjadi produsen dan pengekspor komoditi penting dunia lainnya.
Dia mengatakan hal itu pada sosialisasi dan edukasi tentang industri perdagangan berjangka komoditas yang digelar PT Rifan Financino Berjangka (RFB )- Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan Kliring Berjangka Indonesia. Anggota Baru BAKTI PT Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) dan PT Indonesia Clearing House (ICH) resmi menjadi Anggota BAKTI sesuai keputusan Rapat Umum Anggota Luar Biasa BAKTI yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 10 September 2015.
Rifan Financindo Berjangka dan forward: Perdagangan atau transaksi yang telah dilakukan namun tidak segera diikuti dengan penyerahan barangnya. Penyerahan barang biasa dilakukan beberapa bulan kemudian, sesuai dengan perjanjian yang tertera dalam kontrak. Instrumen ini telah membuat komoditas perdagangan lebih murah dan lebih memudahkan para trader. Karena CFD berkelanjutan tidak berbeda dari CFD komoditi umum, trader tidak perlu bingung.komoditi perdagangan dari cina adalah